SAdAP Soroti Pendangkalan DAS Jeneberang

by -3 views

MAKASSAR – Ketua Dewan Pembina Laskar Merah Putih (LMP) Sulsel, Syarifuddin Daeng Punna atau yang akrab disapa SAdAP melihat lokasi daerah aliran sungai (DAS) Jeneberang sudah tampak mengering.

Dalam perjalanan menuju Malino Kabupaten Gowa dalam Rangka silaturahim dengan keluarga, SAdAP mendokumentasikan beberapa objek yang disinggahinya, salah satunya di Sungai Jeneberang.

“Sepanjang perjalanan, saya mengamati keindahan Gowa namun ketika melewati jembatan sebelum memasuki Malino, saya mengabadikan kondisi Sungai Jeneberang yang mulai mengalami kekeringan dan warnanya mulai kabur,” terang SAdAP dalam pesan What’s app, Ahad (2/8).

SAdAP mengatakan, Sungai Jeneberang sejauh ini menjadi salah satu area yang mesti diperhatikan, sebab pasokan air minum didatangkan dari aliran Sungai Jeneberang, jika terjadi kekeringan maka pemerintah sudah seharusnya memikirkan langkah alternatif untuk ketersediaan air minum untuk masyarakat.

Olehnya itu, lanjutnya, Pemkab Gowa dan Pemprov Sulsel dalam hal ini Balai Pompengan segera melakukan peninjauan ke lokasi tersebut untuk mengantisipasi terjadinya pencemaran di sekitar DAS Jeneberang sebab volume airnya semakin dangkal.

“Saya berharap hal ini bisa menjadi prioritas untuk di planningkan sebab menyangkut hajat hidup orang banyak, selain untuk kebutuhan air minum, sungai jeneberang juga dapat menjadi panorama yang indah bila terawat dengan baik,” ungkap SAdAP.

Ia menyarankan agar bilamana suatu waktu Sungai Jeneberang tidak lagi produktif secara maksimal akibat kekeringan, maka pemerintah dapat mengambil langkah penyulingan air yang ada di Sungai Tallo, atau dengan mencari titik sentral pendistribusian air minum dengan membuat penampungan air. (*)