SAdAP Sarankan Debat Cawalkot Makassar Diganti Bincang- Bincang

by -2 views

MAKASSAR – Syarifuddin Daeng Punna tokoh masyarakat Sulsel di Jakarta disarankan agar debat calon walikota (Cawalkot) Makassar sebaiknya diganti saja dengan program yang serupa namun dengan kemasan yang santai dan elegan.

Pria yang akrab disapa SAdAP ini mengatakan, bahwa debat seyogyanya dilakukan dengan nuansa intelektualitas justru mudah terkontaminasi dengan paparan yang menyinggung perasaan.

“Saya mengusulkan agar debat tidak perlu lagi dilaksanakan, dan menawarkan opsi dengan nama accarita pilkada kota Makassar atau bincang-bincang yang secara bahasa lebih elegan dan pengertiannya lebih mudah diterima masyarakat,” terang SAdAP via WhatsApp, Senin (10/11).

Istilah debat selalu identik dengan suasana menegangkan, dan setiap perdebatan selalu memunculkan masalah sebab seringkali ada unsur like and dislike di dalamnya sehingga semua pihak selalu merasa lebih baik, endingnya juga dapat menciptakan polemik antar pendukung.

“Saran saya agar KPU Makassar mendesain ulang program debat menjadi acara bincang bincang (accarita) jadi dengan desain seperti itu maka semua kandidat diberi kesempatan untuk memaparkan visi misinya, ditemani panelis yang profesional dan kemasan acaranya dapat dilakukan secara online melalui webinar sehingga tidak perlu lagi ada Penumpukan massa calon walikota, semuanya bisa menyaksikan program tersebut secara daring apalagi dalam suasana cov 19 dan tentu dapat meminimalisir dampak benturan antar pendukung, “tutup SAdAP. (*)