Pilwali Makassar, SAdAP Sayangkan Politisasi Isu SARA Terjadi

by -7 views

MAKASSAR – Syarifuddin Daeng Punna, tokoh masyarakat Makassar di Jakarta angkat suara terkait adanya video yang beredar salah satu tim sukses calon walikota Makassar menyinggung SARA.

Setelah melihat video yang beredar viral dan menjadi perbincangan hangat di beberapa grup sosial media.

“Saya menyayangkan masih ada saja orang yang sentimen terhadap etnis tertentu,” ungkap pria yang sering disapa SAdAP ini via pesan WhatsApp, Rabu (9/9).

Politik bukan untuk mendiskriminasi orang lain, tujuan politik itu kan jelas untuk kemaslahatan kalau ada yang kembangkan sentimen yang mengarah ke SARA maka orang tersebut tidak paham dengan budaya Makassar dan Bugis, yakni sipakatau, sipakainge dan sipakalebbi.

Sebagai tim sukses seharusnya berkewajiban menciptakan iklim demokrasi yang bermartabat tanpa menyinggung kelompok masyarakat tertentu.

“Olehnya itu sebagai orang makassar kita harus menjaga warisan budaya orang tua kita terdahulu, jangan hanya karena kepentingan politik, sesama manusia saling menghardik dan menghujat yang ujung-ujungnya tercipta konflik,” urai SAdAP.

Sebaiknya pihak dari timses calon walikota tersebut melakukan klarifikasi secara terbuka, karena masalah ini sangat meresahkan dan menjadi perbincangan.

“Intinya bahwa mari saling menjaga satu sama lainnya dan silahkan bersosialisasi tanpa melukai perasaan etnis tertentu,” tutup SAdAP. (*)