Mendambakan Pelayanan Pemerintahan Yang Prima

by -16 views

Oleh: Syarifuddin Daeng Punna

Hampir setiap hari masyarakat para pengusaha keluar masuk kantor mengurus perijinan di pemerintah, bertransaksi di kantor bank dan menginap di hotel berbintang adalah rutinitas yang sering sayapun lakukan , ada perbedaan yang sangat mendasar antara pelayanan pelayanan di kantor pemerintah dibandingkan dengan pelayanan di kantor bank, restauran dan hotel berbintang.

Ketika saya ke kantor pemerintah yang harusnya menjadi contoh,tapi malah kesan saya dari parkiran saja sdh tidak teratur belum lagi keamanan tidak terjamin, apalagi ketika saat memasuki kantor tidak ada yang membukakan pintu dan menyapa dengan ramah.

Berbeda ketika masuk ke kantor bank dan hotel berbintang pasti ada yang membukakan pintu dan memberikan sapaan rahmah dan bersahabat “Selamat siang pak selamat datang ada yang bisa kami bantu?”itulah sapaan mereka.

Sama halnya jika kita menelpon ke kantor pemerintahan dan kantor Bank atau hotel berbintang. Kesannya yang menerima telepon di kantor pemerintah tidak memiliki standart penerimaan telepon yang ramah, menyenangkan dan bersahabat.

Lebih parah lagi kalau kita ke toilet kantor pemerintah sangat terkadang jorok, tidak terawat dan tidak ada petugas kebersihan yang menjaga sekaligus membersihkan hingga baunya menyengat dan membuat pelayanan yang datang tidak nyaman.

Berbeda dengan toilet dikantor bank dan hotel berbintang ada penjaga yang sekaligus petugas kebersihan yang selalu bekerja sehingga toiletnya bersih, wangi dan membuat tamu merasa nyaman.

Ini sebenarnya sesuatu yang sepele. Penerima tamu, penerima telepon dan toilet bukan lah hal yang paling pokok tetapi jika hal seperti ini saja tidak dipedulikan sudah jelas kantor pemerintah lalai, tidak profedional tidak menjalankan SOP.

Padahal mengelolanya mereka menggunakan uang rakyat tetapi tidak melayani rakyat dengan baik. Di manakah tanggung jawab pemimpin pemerintahan, pimpinan kantor pelayanan, lembaga yang mengawasi dalam hal DPR dan DPRD?

Hal ini menjadikan cerminan seorang PEMIMPIN di berbagai instansi PEMERINTAHAN dapat terbaca sifat karakter para pejabatnya, beginilah caranya pemerintah melayani rakyatnya

Belum lagi kalau kita ketemu petugasnya terkesan kurang ramah, dan tidak memberikan kesan pelayan rakyat yang baik.

Sampai kapankah kondisi pelayanan buruk sepetti ini?

Mengapa sangat berdeda antara pelayanan di kantor Bank dan hotel berbintang?

Bukankah pejabat pemerintah juga sering ke kantor bank dan menginap di hotel berbintang?

Bagaimana seharusnya kantor Pemerintah melayani rakyat?
Bukankah para Kepala Daerah dan bahkan presiden berjanji saat kampanye untuk memberikan pelayanan terbaik bagi rakyat, harapan SAdAP yang tentunya kami semua ,dengan COV 19 adalah pelajaran BESAR bagi semua kalangan, khususnya PEJABAT PEMERINTAHAN,

Kalau hal hal yang sifatnya pelayanan rutin saja tidak bagus, bagaimana dengan kebijakan pemerintah yang seharusnya berpihak kepada rakyat?

Semoga para Pejabat atau pimpinan tertinggi pemerintahan yang sudah berjanji memberikan pelayanan terbaik, khususnya unit pelayanan yang terlatih ,yang dapat MEMANUSIAKAN MANUSIA, pelayanan secara baik secara Prima ,ini perlu menjadi perhatian khusus diseluruh kantor pemerintahan, minimal sama dengan standar pelayanan pada kantor perbankan dan hotel berbintang.

Memberikan pelayanan prima bagi rakyat adalah suatu keniscayaan kalau ini tidak dilakukan maka ketidak percayaan rakyat kepada pemerintah terus terjadi karena rakyat sudah bisa membandingkan yang mana pelayanan yang baik dan buruk.

Harapan saya semoga tulisan ini menginspirasi Pejabat pemerintah untuk terus berbuat yang terbaik dan berbenah agar pemerintahan benar benar dirasakan sebagai rahmat bagi seluruh rakyat. (*)