Ada Bassang Gulmer, Makanan Khas Sulsel di Warkop Detox

by -11 views

PR – Meski di masa pandemic covid-19, bisnis kuliner tetap hidup. Selain menawarkan aneka racikan kopi lokal berkualitas, Warkop Detox menawarkan kuliner tradisional khas Bugis Makassar, yakni bassang, yang berbahan baku utama jagung.

Namanya Bassang Gulmer (gula merah), dimana penganan tersebur, diramu sedemikian rupa sehingga menimbulkan aroma dan cita rasa yang khas menggugah selera.

Adapun harga bassang gulmer dibandrol Rp7.000 per cup, sama dengan harga bubur kacang ijo, bubur beras ketan hitam, bassang spesial.

“Bassang Gulmer ini semuanya berbahan baku alami tanpa menggunakan zat kimiawi, selain mengenyangkan juga menyehatkan,” ungkap owner Warkop Detox juga pemilik Bubur Jln Korban (JK), Jamil Saleh yang kerap disapa Pak Imam di Warkop Detox Jl Rappokalling Raya, Ahad (19/7).

Jamil mengatakan, sejak diluncurkan beberapa hari yang lalu, permintaan bassang gulmer cukup banyak, bahkan hampir mencapai penjualan bubur kacang ijo dan beras ketan hitam yang lebih dulu menjadi primadona usaha Bubur JK.

“Rata-rata penjualan bassang gulmer mencapai di atas 70 cup per hari hampir menyamai penjualan bubur kacang ijo dan beras ketan hitam yang mencapai di atas100 cup per hari,” beber Jamil.

Jamil mengungkapkan, untuk saat ini stok bassang gulmer relatif terbatas, namun kedepan stoknya akan ditambah, melihat tingginya permintaan bassang gulmer.

Jamil menuturkan, pelanggannya bukan hanya sekitar Kelurahan Rappokalling Kecamatan Tallo, bahkan ada pelanggan tetapnya dari luar Makassar, diantaranya dari Palopo, Bone dan Sinjai.

Salah seorang penikmat Bassang Gulmer yang ditemui di Warkop Detox, Dandi warga Kecamatan Manggala, bahwa setiap berada di pusat Kota Makassar, Dandi mengaku selali menyempatkan beli bubur kacang ijo atau sejenisnya, termasuk mencoba menu baru Bubur JK, yakni bassang gulmer.

“Saya sering belanja di Bubur JK dan menu bassang gulmernya tidak kalah enaknya dengan bubur kacang ijo dan bubur beras ketan hitam,” tuturnya. (*)