Dialog Kedaulatan Pangan dan Perlindungan Hak Orang Asli Papua

Dialog Kedaulatan Pangan dan Perlindungan Hak Orang Asli Papua

Politikrakyat.com - Merauke menjadi sasaran tiga Proyek Strategis Nasional di tahun ini, lahan-lahan yang dulunya hutan, yang sebagian besar menjadi tempat yang masih bisa memberikan makan secara gratis bagi masyarakat suku Marind dan Yei juga suku-suku lain di Merauke ini akan dihancurkan. Proyek cetak sawah dan optimalisasi lahan akan merombak lahan sebesar 2 juta hektar, proyek swasembada gula dan bioethanol merampas setengah juta hektar lahan hutan yang dimiliki suku Yei Dan Marind.


Sedangkan, harga pangan terus meningkat. Tetapi, uang yang dimiliki oleh masyarakat tidak selalu ada untuk membeli makan-makan yang sehat akibat banyaknya tanggungan yang mengikat dan menjadi prioritas. Hilangnya cadangan pangan di hutan-hutan akibat proyek ini akan memperburuk keadaan pangan yang sudah ada hari ini. Masyarakat dihadapkan dengan ancaman kelaparan dan kematian setiap harinya.


Di hari pangan ini, perbincangan soal pangan tidak bisa dipisahkan dari pembicaraan soal kelaparan dan kematian yang dihadapi oleh banyak orang di Papua. Hanya saja saat ini kami memberi kaca pembesar pada keadaan yang terjadi di Merauke, yang sedang dihadapkan oleh ancaman kelaparan dan kematian yang sudah di depan mata.


Mari kita diskusikan bersama!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama